MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA MELALUI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Maya, Kusumaningrum and Abdul Aziz, Saefudin (2012) MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA MELALUI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 60.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemecahan masalah matematika untuk mengoptimakan kemampuan berpikir matematika. Kemampuan berpikir matematika siswa dapat dikembangkan dan dioptimalkan melalui pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Menurut Polya dalam pemecahan masalah terdapat empat langkah yang harus dilakukan, yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana langkah kedua (4) memeriksa kembali hasil yang diperoleh (looking back). Dalam pemecahan masalah matematika, siswa tidak hanya mengembangkan kemampuan berpikir tingkat rendah (low order thinking skill) tetapi lebih utama yaitu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill). Kemampuan berpikir matematika merupakan sebuah proses dinamis yang menuntut lahirnya beragam ide yang kompleks sehingga terjadi peningkatan pemahaman. Beberapa kemampuan berpikir matematika yang dibahas dalam artikel ini adalah kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: kemampuan berpikir matematika, pemecahan masalah matematika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir matematika, pemecahan masalah matematika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 10 Dec 2012 00:24
Last Modified: 10 Dec 2012 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8512

Actions (login required)

View Item View Item