Analisis Pengaruh Prokrastinasi dan Burnout Terhadap Self-Regulated Exercise Melalui Mediator Emotional Intelligence Pada Siswa SMP Kelas Khusus Olahraga DIY

Astama, Muhammad Noor (2024) Analisis Pengaruh Prokrastinasi dan Burnout Terhadap Self-Regulated Exercise Melalui Mediator Emotional Intelligence Pada Siswa SMP Kelas Khusus Olahraga DIY. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad noor astama_22632251029.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji model teoritis pengaruh prokrastinasi dan Burnout terhadap latihan mandiri melalui kecerdasan emosional sebagai variabel mediator dan menganalisis pengaruh prokrastinasi, Burnout, dan kecerdasan emosional terhadap latihan mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah survei cross-sectional dengan populasi keseluruhan dari sekolah SMP KKO di DIY sebanyak 416 siswa/i. Sampel yang dipilih sebanyak 244 siswa, menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dari empat SMP Kelas Khusus Olahraga di DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan antara prokrastinasi terhadap emotional intelligence (EI). Ditemukan bahwa prokrastinasi memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap EI, dengan γ = 0.164 dan t = -2.471. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara burnout terhadap EI Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap EI, dengan γ = -0.301 dan t = -4.296. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa prokrastinasi dan burnout secara bersama-sama berpengaruh negatif dan signifikan terhadap EI. Hasil penelitian menemukan bahwa baik prokrastinasi (γ = -0.164, t = -2.471) maupun burnout (γ = -0.301, t = -4.296) memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap EI. Selanjutnya, penelitian ini melihat pengaruh prokrastinasi terhadap Self-regulated exercise (SRE). Ditemukan bahwa prokrastinasi memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap SRE, dengan γ = -0.151 dan t = -2.369. Selanjutnya, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara burnout terhadap SRE. Hasil penelitian menemukan bahwa burnout memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap SRE, dengan γ = 0.336 dan t = -4.771. Selanjutnya, penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara emotional intelligence (EI) terhadap SRE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EI memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap SRE, dengan γ = 0.216 dan t = 3.257. Terakhir, penelitian ini menemukan bahwa baik prokrastinasi (γ = -0.151, t = -2.369) maupun burnout (γ = -0.336, t = 4.771) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap SRE, sedangkan EI (γ = 0.216, t = 3.257) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap SRE.. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan emosional dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan latihan mandiri dan kinerja atletik secara keseluruhan di kalangan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi, burnout, kecerdasan emosional, latihan mandiri.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jan 2025 09:17
Last Modified: 23 Jan 2025 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85111

Actions (login required)

View Item View Item