Ninda Asyifa, Dea Ayu (2025) DESAIN DIDAKTIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
TAS Dea Ayu Ninda Asyifa 20108244021.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Desain didaktis merupakan rancangan desain yang menjadi kunci keberhasilan pembelajaran sebagai upaya mengurangi hambatan belajar. Hambatan belajar terdapat pada keterbatasan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui rancangan desain pembelajaran pada materi pemahaman konsep perkalian dan pembagian. (2) Mengetahui implementasi desain didaktis yang telah menghantarkan peserta didik dalam memahami konsep perkalian dan pembagian. (3) Mengetahui learning obstacles yang muncul selama proses implementasi pembelajaran pada materi pemahaman konsep perkalian dan pembagian. Penelitian menggunakan metode desain didaktis Didactical Design Research yang menggunakan tiga tahapan analisis yakni: Prospective analysis, metapedadidactic analysis, dan retrospective analysis. Setiap temuan dari tahapan dideskripsikan secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Selang, Kabupaten Gunungkidul dengan subjek penelitian yaitu kelas II berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rancangan desain pembelajaran yang dikemas pada hypothetical learning trajectory selama lima kali teaching experiment (perkalian dengan strategi penjumlahan berulang, perhitungan array persegi panjang, dan perbandingan. Pembagian dengan strategi pengurangan berulang, pengukuran dan pembagian yang adil). Milieu yang digunakan yaitu lembar kerja peserta didik. (2) Implementasi melalui teaching experiment mampu menghantarkan pemahaman peserta didik terkait dengan strategi perkalian dan pembagian yang dibuktikan dengan adanya respom serta perubahan pengetahuan pra-observasi dan pasca-observasi. (3) Berdasarkan implementasi desain teridentifikasi learning obstacles baik ontogenic obstacle, epistemological obstacle, maupun didactical obstacle. Hasil refleksi desain didaktis perlu adanya perbaikan pada desain hypothetical learning trajectory sehingga menjadi lintasan belajar yang mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi sebagai desain pembelajaran yang dikemas dalam sebuah learning trajectory berorientasi pada pemahaman konsep perkalian dan pembagian sekolah dasar. Kata kunci: Perkalian, Pembagian, Learning Obstacles, Desain Didaktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 04:06 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 04:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |