Kurniawa, Tedi Asep (2025) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KEMANTREN DANUREJAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
TAS_TEDI ASEP KURNIAWAN_17108241126.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa sekolah dasar masih mudah dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri se-Kemantren Danurejan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 128 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala konsep diri dan skala kedisiplinan belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menunjukan bahwa partisipan penelitian memiliki konsep diri berada pada kategori sedang sebesar 67,18% , sedangkan kedisiplinan belaja berada pada kategori sedang sebesar 71,09%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konsep diri memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar siswa (signifikansi<0,05). Koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,143 yang berarti konsep diri berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar sebesar 14,3% sementara sisanya 85,7% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Kata kunci : konsep diri, kedisiplinan belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:02 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |