Pengembangan E-learning bagi Siswa Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin yang Melaksanakan Praktik Kerja Industri

Zyainuri, Zyainuri (2012) Pengembangan E-learning bagi Siswa Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin yang Melaksanakan Praktik Kerja Industri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zyainuri-10702259020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-learning memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Banjarmasin yang melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) (2) mengetahui kelayakan e-learning yang dihasilkan sebagai sumber belajar siswa, dan (3) mengungkap keefektifan e-learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas XI teknik elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin yang melaksanakan Prakerin. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu analisis, perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan, produk e-learning diuji kelayakannya dengan cara divalidasi oleh ahli materi dan ahli media (uji alpha), oleh siswa (uji beta) dan kemudian dilakukan revisi akhir. Selanjutnya, dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui keefektifan e-learning dengan cara menerapkan pembelajaran pada kelas XI Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin yang terdiri atas 25 siswa yang diawali dengan pretest dan diakhiri dengan posttest. Sebagai pembanding pada kelas lain, dilakukan pula proses pembelajaran dengan bahan ajar media cetak. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle melalui tiga tahapan, yaitu: perencanaan, desain, dan pengembangan. E-learning menyajikan materi perbedaan media rekam VCD dan DVD dan prinsip kerja DVD player pada standar kompetensi memperbaiki alat reproduksi sinyal audio video CD untuk siswa kelas XI Teknik Elektronika yang sedang melaksanakan Prakerin, (2) e-learning tersebut layak digunakan pada siswa kelas XI yang melaksanakan Prakerin. Kelayakan e-learning berdasarkan ahli materi termasuk kategori baik dengan skor rerata 3,98, berdasarkan ahli media termasuk kategori baik dengan skor rerata 3,90 berdasarkan uji beta termasuk kategori sangat baik dengan skor rerata 4,15, dan berdasarkan uji produk termasuk kategori baik dengan skor rerata 3,90, (3) Penggunaan e-learning untuk siswa kelas XI yang melaksanakan Prakerin efektif dalam pencapaian hasil belajar siswa yang melaksanakan Prakerin. Hal ini terbukti kelas yang menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran terdapat 20 siswa yang tuntas (80%), dengan rerata nilai posttest siswa 76,84. Sedangkan, kelas yang dalam pembelajaran menggunakan media cetak jumlah siswa yang tuntas 18 (78%) dengan rerata nilai posttest 73,60.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan e-learning, prakerin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 02:15
Last Modified: 28 Sep 2022 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item