Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Seni Rupa untuk Stimulasi Ekspresi Karya Seni Rupa Anak di Taman Kanak-kanak Kabupaten Sleman.

Prayitno, Prayitno and Harun, Harun (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Seni Rupa untuk Stimulasi Ekspresi Karya Seni Rupa Anak di Taman Kanak-kanak Kabupaten Sleman. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_prayitno_22703261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Kreasi karya seni rupa merupakan salah satu sarana untuk memahami objek di sekitar lingkungan anak. Problem anak dalam pembelajaran seni rupa di taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Sleman yaitu masih kesulitan dalam menuangkan imajinasinya dalam bentuk karya seni rupa. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran proyek seni rupa yang praktis dan efektif untuk untuk stimulasi ekspresi karya seni rupa anak di taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Borg-Gall, yang tahapannya meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan model, (3) validasi ahli, (4) uji coba terbatas, (5) revisi uji coba terbatas, (6) uji coba skala besar, (7) revisi uji coba skala besar, (8) uji coba skala luas, (9) revisi uji coba skala luas, (10) produk akhir dan diseminasi. Subjek penelitian ini yaitu 152 anak kelompok usia 5-6 tahun atau TK Besar, dari sembilan TK di delapan kapanewon di Kabupaten Sleman. Validasi ahli melibatkan empat ahli, terdiri dari 2 ahli dari akademisi pendidikan seni rupa, 1 ahli dari akademisi pendidikan anak usia dini, dan satu ahli dari praktisi seni rupa anak. Validitas instrumen menggunakan indeks validitas butir Aiken. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah lima sintaks yang meliputi (1) menyajikan media pembelajaran dalam bentuk wujud konkret (asli), (2) mengamati video pembelajaran cara berkreasi bentuk 3D dan 2D, (3) membuat proyek seni rupa 3D (membentuk 3D dari clay atau lilin mainan), (4) membuat proyek seni rupa 2D (menggambar), dan (5) menceritakan karya proyek seni rupa. Penelitian ini berdampak efektif terhadap stimulasi ekspresi karya seni rupa anak. Hal ini terlihat pada anak yang berkembang sangat baik (BSB) memiliki tren naik. Anak yang berkriteria BSB pada uji coba skala terbatas yaitu 82%, pada uji coba skala besar yaitu 96%, dan pada uji coba skala luas yaitu 96%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, proyek seni rupa, seni rupa anak
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:17
Last Modified: 14 Jan 2025 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84932

Actions (login required)

View Item View Item