Miyarso, Estu and Budiningsih, Asri (2024) Model Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis TIK Terpadu untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_estu miyarso_17703269009.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era transformasi digital berdampak pesatnya ketersediaan aneka ragam sumber belajar. Hal ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru untuk memfasilitasi pembelajaran di kelas karena kompetensi pedagoginya juga masih rendah. Untuk itu, dibutuhkan pengembangan model pelatihan desain pembelajaran (DP) berbasis teknologi informasi dan komunikasi (BaTIK) Terpadu dengan memodifikasi jenis model pelatihan maupun model desain pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan model pelatihan DP BaTIK Terpadu yang layak untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogi guru dalam memanfaatkan aneka sumber belajar; 2) mendeskripsikan kepraktisan model Pelatihan DP BaTIK Terpadu untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dalam memanfaatkan aneka sumber belajar; 3) mendeskripsikan keefektifan model Pelatihan DP BaTIK Terpadu untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dalam memanfaatkan aneka sumber belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Design and Development Resarch (D-DR). Prosedur pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu model 4D Holistik menurut Reigeluth & An (2021) yang terdiri dari; 4 (empat) tahapan, yaitu define, design, develop, dan deploy. Subjek penelitian ini melibatkan 12 orang dosen dan 52 orang guru di wilayah DIY. Adapun rinciannya yaitu; validator instrumen 3 orang dosen ahli, model Pelatihan DP 3 ahli, validator LMS/e-learning 3 ahli, dan fasilitator pelatihan dalam uji coba sekaligus implementasi model 2 orang dosen. Adapun guru sebagai peserta pelatihan dalam uji 1on1 sejumlah 3 orang , dalam ujicoba kelompok kecil 6 orang, dalam ujicoba lapangan 11 orang, dan implementasi model melibatkan 32 orang guru. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar penilaian kinerja, dan lembar penilaian produk hasil penerapan model Pelatihan DP Batik Terpadu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian ini, yaitu dihasilkannya: (1) model Pelatihan DP BaTIK Terpadu yang dikembangkan terdiri atas komponen sintaks, sistem sosial, sistem pendukung, prinsip interaksi, dan dampak pembelajaran dalam wujud buku model dan perangkatnya. Model ini dinyatakan layak untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru SD dalam memanfaatkan aneka sumber belajar berdasarkan validasi ahli (2) model Pelatihan DP Batik Terpadu praktis diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru SD dalam memanfaatkan aneka sumber belajar berdasarkan hasil penilaian dosen fasilitator dan guru (3) Model pelatihan DP Batik Terpadu dinyatakan efektif diterapkan hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai kinerja dari 32 orang guru sebagai peserta selama mengikuti proses pelatihan menunjukkan plot atau tren positif selama 6 (enam) kali treatment berturut-turut. Penilaian keefektifan juga didapat dari hasil penilaian produk RPP yang telah disusun guru di akhir pelatihan sebesar 3,01 atau masuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pelatihan, Desain Pembelajaran berbasis TIK Terpadu, Kompetensi Pedagogi Guru, Pemanfaatan Aneka Sumber Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teknologi Pendidikan Pendidikan > Bimbingan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 06:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 06:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |