Model Project-Based Differentiated Mathematics Instruction (PjDMI) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa.

Richardo, Rino and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2024) Model Project-Based Differentiated Mathematics Instruction (PjDMI) Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_rino richardo_20703261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Model Pembelajaran Project Based Differentiated Mathematics Instruction (PjDMI) yang layak untuk pengembangan keterampilan berpikir komputasi siswa; (2) menguji kelayakan model pembelajaran PjDMI untuk pengembangan keterampilan berpikir komputasi siswa; (3) mengungkap kepraktisan model tersebut, dan (4) menguji keefektifan model tersebut. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4D. sekolah yang menjadi sampel adalah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, MTs Nurul Ummah Yogyakarta dan SMP Perintis Yogyakarta, yang dipilih berdasarkan kategori sekolah tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai rerata Asesmen Standarisasi Penilaian Daerah (ASPD) mata pelajaran matematika sekolah SMP se-Kota Yogyakarta. Subjek uji coba produk terdiri dari 123 siswa (64 orang siswa sekolah tinggi, 48 orang siswa sekolah sedang, dan 11 siswa sekolah rendah) ditentukan dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan kelayakan produk, asesmen diagnostik dan soal tes berpikir komputasi matematis serta angket sikap berpikir komputasi yang dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Model PjDMI yang dihasilkan dinyatakan layak berdasarkan teori belajar konstruktivisme sosial Vygotsky, teori belajar kognitif Albert Bandura dan teori pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara. Sintaks PjDMI meliputi mengorganiasikan siswa, menetapkan tujuan pembelajaran matematika, menentukan perbedaan proyek, implementasi proyek, serta presentasi dan evaluasi. Sistem sosial meliputi menciptakan pola interaksi antara guru dan siswa pada proses pembelajaran yang tercermin melalui aktivitas proyek yang dikerjakan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan scaffolding yang diberikan oleh guru kepada siswa. Model tersebut dapat mengembangkan keterampilan berpikir komputasi matematis dan sikap berpikir komputasi. (2) Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari penilaian para ahli,Model PjDMI dan perangkat pendukungnya dinyatakan layak dengan kategori tinggi. (3) Berdasarkan hasil analisis angket kepraktisan guru dan siswa, model PjDMI praktis digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi matematis dan sikap berpikir komputasi. (4) Berdasarkan hasil analisis inferensial, model PjDMI secara efektif mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berpikir komputasi matematis dan sikap berpikir komputasi siswa di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: berpikir komputasi, differentiated, instruction, mathematics, project
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:55
Last Modified: 14 Jan 2025 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84922

Actions (login required)

View Item View Item