Yuliansyah, Yuliansyah (2012) Kontribusi Life Skills Terhadap Minat Wirausha Siswa di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-yuliansyah-10702259002.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengungkap: (1) hubungan life skills dengan empat kecakapan terhadap minat wirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Gambut dan SMK Darussalam-Martapura Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan; (2) kontribusi life skills dengan empat kecakapan terhadap minat wirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Gambut dan SMK Darussalam-Martapura Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Penelitian merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK N 1 Gambut dan SMK Darussalam-Martapura. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala sikap model likert dengan 4 pilihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis deskriptif sebagai berikut life skills mempunyai empat kecakapan (1) kecakapan personal kategori tinggi; (2) kecakapan akademik kategori sedang; (3) kecakapan sosial kategori sedang; (4) kecakapan vokasional kategori sedang, dan minat wirausaha kategori sedang. Hasil analisis korelasi pada taraf signifikansi 5% sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif antara kecakapan personal dengan minat wirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai r(0,406) dan signifikan 0,000; (2) terdapat hubungan positif antara kecakapan akademik dengan minat wirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai r(0,284) dan signifikan 0,001; (3) terdapat hubungan positif antara kecakapan sosial dengan minat wirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai r(0,269) dan signifikan 0,001; (4) terdapat hubungan positif antara kecakapan vokasional dengan minat wirausaha. Hal ini dibuktikan dengan nilai r(0,318) dan signifikan 0,000. Hasil analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5% menunjukan terdapat kontribusi kecakapan personal, kecakapan akademik, kecakapan sosial dan kecakapan vokasional terhadap minat wirausaha dan signifikan p(0,000) serta berkontribusi 29,5%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontribusi life skills, minat wirausaha, keahlian teknik kendaraan ringan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 06 Dec 2012 02:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8489 |
Actions (login required)
View Item |