PENINGKATAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG DAN BERNALAR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMBARUKMO DEPOK SLEMAN

Arinanti, Eidith (2024) PENINGKATAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG DAN BERNALAR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMBARUKMO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_20108241079_PGSD_Eidith Arinanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan dimensi bergotong royong dan bernalar kritis siswa melalui model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di kelas IV SD Negeri Ambarukmo karena sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ambarukmo yang berjumlah 17 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pembelajaran serta kuesioner dimensi bergotong royong dan dimensi bernalar kritis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dimensi bergotong royong dan bernalar kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan model Inside Outside Circle (IOC) di kelas IV SD Negeri Ambarukmo. Peningkatan dimensi bergotong royong dan bernalar kritis dapat dilihat dari hasil kuesioner dan observasi pembelajaran. Hasil kuesioner bergotong royong menunjukkan peningkatan dari pra tindakan 65,15% lalu pada siklus I 75,39% pada siklus II meningkat sebesar 81,02% dan hasil kuesioner bernalar kritis menunjukkan peningkatan dari pra tindakan 58,9% lalu pada siklus I 75,55% meningkat pada siklus II sebesar 83,2%. Sedangkan hasil observasi menunjukkan adanya kenaikan partisipasi guru pada siklus I sebesar 77,78% menjadi 88,89% pada siklus II dan kenaikan keterlibatan siswa siklus I sebesar 75,85% menjadi 86,36% pada siklus II. Kata Kunci: Bergotong Royong, Bernalar Kritis, Inside Outside Circle, Kurikulum Merdeka, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:34
Last Modified: 08 Jan 2025 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84859

Actions (login required)

View Item View Item