Pengembangan dan Pemanfaatan Taman Pintar sebagai Sumber Belajar (Studi Kasus di Taman Pintar Yogyakarta)

Bindulem, Yasuli (2012) Pengembangan dan Pemanfaatan Taman Pintar sebagai Sumber Belajar (Studi Kasus di Taman Pintar Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yasuli-bindulem-09707251033.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan pengembangan Taman Pintar Yogyakarta sebagai tempat wisata dan sumber belajar, (2) mendeskripsikan pemanfaatan taman Pintar Yogyakarta oleh pengunjung sebagai tempat wisata dan sumber belajar, (3) mendeskripsikan fungsi-fungsi sumber belajar yang terdapat di Taman Pintar Yogyakarta terhadap pengunjung dengan visi edukatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian meliputi tahap pengumpulan sumber data yang meliputi siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, guru, pengunjung pada umumnya dan pengelola Taman Pintar Yogyakarta. Pengambilan sumber data dilakukan dengan model analisis interaktif Miles&Huberman). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket tertutup. Kemudian melakukan reduksi data dengan analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak diperlukan, dan mengorganisasi data yang diperlukan sesuai fokus permasalahan penelitian. Kemudian melakukan penyajian data dengan mencocokkan data untuk dianalisis dan diambil tindakan yang dianggap perlu. Selanjutnya melakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan mencari makna dari komponen-komponen yang disajikan dengan mencatat pola-pola, keteraturan, penjelasan, konfigurasi, hubungan sebab akibat, dan proposisi dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan sumber belajar yang dilakukan di Taman Pintar berupa pengembangan brosur, buku, alat peraga, poster, wallchart, signage, kuesioner pengunjung, gambar, sound, video animasi, program CAI, dan microsoft; (2) pemanfaatan sumber belajar oleh pengunjung sudah maksimal dengan penggunaan 67,8% dari 100% alat peraga yang disediakan oleh pihak Taman Pintar; (3) fungsi-funsi yang dirasakan oleh pengunjung yaitu mempercepat kegiatan belajar, memberikan dasar yang lebih ilmiah, memungkinkan belajar secara individual, menyajikan informasi yang lebih konkrit, dan memungkinkan belajar lebih luas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, Taman Pintar, sumber belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item