PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLACELANA PRIA BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 2 GODEAN

KUSMINARKO , WARNO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLACELANA PRIA BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - NIM. 08513241011.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM. 08513241011.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM. 08513241011.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM. 08513241011.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM. 08513241011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran membuat pola celana pria berbasis Adobe flash, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran materi membuat pola celana pria berbasis Adobe Flash pada siswa kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & developement). Penelitian pengembangan media pembelajaran membuat pola celana pria berbasis Adobe Flash ini melalui tiga tahap yaitu:1) Analisis kebutuhan,2) pengembangan produk, 3) validasi dan uji coba produk. Tahap produksi meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 28 siswa untuk uji coba kelompok besar jadi jumlah keseluruhan subyek penelitian pada penelitian ini sejumlah 34 siswa kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean. Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran membuat pola celana pria berbasis Adobe Flash yang sesuai dengan materi dalam silabus dan RPP yang di terapkan di SMK Negeri 2 Godean, 2) Media pembelajaran yang layak digunakan baik dari segi pembelajaran, isi, tampilan dan pemrograman. Kelayakan media pembelajaran membuat pola celana pria berbasis Adobe Flash berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media yang masing-masing terdiri dari tiga validator termasuk dalam kategori sangat layak dengan penilaian 4.2 untuk aspek pembelajaran, 4.6 untuk aspek isi, 4.3 untuk aspek tampilan dan 4.4 untuk aspek pemrograman. Uji coba kelompok kecil dengan nilai rata-rata 4,4 di semua aspek termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba kelompok kecil dengan rerata nilai 4,4 dan jika dikategorikan termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba kelompok besar berdasarkan analisis deskriptif, dapat diketahui nilai rerata dari 28 siswa menunjukan bahwa pada aspek pembelajaran adalah 4,25; aspek isi adalah 4,30; aspek tampilan adalah 4,25 dan aspek pemrograman 4,30 termasuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 17:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item