PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS IVA SDIT LHI

Setianingrum, Fitri (2024) PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS IVA SDIT LHI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Fitri Setianingrum_20108244087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di kelas IVA SDIT LHI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas IVA dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling sudah terlaksana. Guru kelas IVA melaksanakan perannya dalam bidang maupun layanan bimbingan dan konseling, diantaranya penanaman sikap beriman kepada Tuhan YME, membantu mengembangkan potensi peserta didik dengan kegiatan ekstrakurikuler, memberikan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan diri, mengembangkan keterampilan mengambil keputusan, mengembangkan sikap disiplin belajar, mengembangkan keterampilan berkmunikasi, membantu peserta didik mengidentifikasi cita-citanya, memberikan informasi tentang hak dan kewajiban di kelas barunya, menjelaskan informasi yang belum dipahami peserta didik, membantu kesulitan belajar peserta didik, membuat desain pembelajaran yang disesuaikan kebutuhan peserta didik, melakukan kegiatan BKM (Bimbingan Karakter Mandiri), melakukan konseling individual, melakukan kegiatan quality time dengan peserta didik dan membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Guru kelas melaksanakan perannya sebagai pelaksana bimbingan dan konseling bekerjasama dengan guru BK, guru ekstrakurikuler, dan orang tua dalam pengembangan diri peserta didik. Akan tetapi, guru kelas IVA tidak rutin untuk mencatat kejadian/kasus yang terjadi pada peserta didik, sehingga buku catatan kejadian peserta didik kurang lengkap. Kata Kunci: Pelaksanaan bimbingan dan konseling, Peran guru kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:36
Last Modified: 30 Dec 2024 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84775

Actions (login required)

View Item View Item