PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD PEDAGOGIA (LABSCHOOL FIPP UNY)

Trisna Murti, Nur Annisa (2024) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD PEDAGOGIA (LABSCHOOL FIPP UNY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Nur Annisa Trisna Murti_PGSD_20108241072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui program pengembangan diri di SD Pedagogia (Labschool FIPP UNY). Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus karena peneliti menggali secara mendalam pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pedagogia (Labschool FIPP UNY). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Pedagogia (Labschool FIPP UNY) telah melaksanakan tahap perencanaan dengan penyiapan visi dan misi sekolah, pembentukan tim, penyusunan program kerja, dan dilanjut sosialisasi kepada pihak yang terlibat. Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan rutin memuat kegiatan belajar, kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan tahunan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Pada kegiatan spontan terdapat kegiatan yang dilakukan siswa untuk memiliki inisiatif dan hasrat atau motivasi dalam melakukan sesuatu serta terdapat pemberian pujian dan teguran. Kegiatan keteladanan dilakukan oleh tenaga pendidik dengan mencerminkan perilaku untuk tidak bergantung dengan orang lain, bertanggung jawab terhadap tugasnya, memiliki inisiatif dan kepercayaan diri, serta memiliki hasrat atau motivasi dalam melakukan sesuatu. Selain itu, terdapat pengkondisian dalam mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan pengembangan diri. Sedangkan pada tahap evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan secara langsung terhadap pelaksaanaan kegiatan. Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan karakter, karakter mandiri, kegiatan pengembangan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Dec 2024 03:28
Last Modified: 27 Dec 2024 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84760

Actions (login required)

View Item View Item