INOVASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMANSARI 1

Candra Dewi, Pambayun Wardani (2024) INOVASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Pambayun Wardani Candra Dewi-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Inovasi pembelajaran merupakan upaya untuk menerapkan ide-ide baru atau pendekatan dalam pendidikan guna meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar. Di era tantangan global saat ini, inovasi pembelajaran menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam inovasi guru dalam proses pembelajaran kelas IV SD Negeri Tamansari 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tamansari 1. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan empat siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti pendekatan analisis data menurut Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru kelas IV SD Negeri Tamansari 1 melakukan inovasi model pembelajaran yaitu inovasi model pembelajaran berdiferensiasi dan inovasi model pembelajaran ‘reward nonton film’. (2) Guru kelas IV SD Negeri Tamansari 1 melakukan inovasi media pembelajaran yaitu inovasi media literasi arisan, kentang goreng konjungsi, puzzle kenampakan alam, quiziz, ubur-ubur kalimat, dan literasi digital. (3) Guru menghadapi beberapa kendala dalam menerapkan inovasi, diantaranya keterbatasan waktu untuk persiapan, karakteristik siswa yang beragam, dan kendala teknis dari fasilitas sekolah. (4) Untuk mengatasi kendala tersebut, guru tetap melaksanakan inovasi pembelajaran dengan sumber daya yang tersedia, menerapkan pendekatan berdiferensiasi, dan memperbaiki fasilitas sekolah. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Dec 2024 03:19
Last Modified: 27 Dec 2024 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84759

Actions (login required)

View Item View Item