Griseldis, Mafaza Raissa (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN GAME EDUKASI PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METENGGENG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi_Mafaza Raissa Griseldis_21108244073.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif bermuatan game edukasi yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas V SD Negeri 1 Metenggeng yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi keliling bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe pada tahun 2009. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Metenggeng, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Subjek implementasi adalah 38 siswa kelas V. Pengumpulan data dilakuan dengan observasi, wawancara, angket validasi media, angket validasi materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif bermuatan game edukasi dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,52 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi media mendapat skor 4,60 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan oleh siswa mendapat skor rata-rata 4,64 dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kepraktisan oleh guru mendapat skor rata-rata 4,88 dengan kategori “Sangat Praktis. Berdasarkan perhitungan pre-test dan post-test menunjukan bahwa multimedia interaktif memiliki skor 0,73 termasuk dalam kategori “Tinggi” dan skor 73% masuk dalam ketegori “Efektif”. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Game, Keliling Bangun Datar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Teknik & Teknologi > Komputer Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:52 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |