PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA DAMAI DI SD N KASIHAN SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK

Aisyah, Aura Suci Adillah Nur (2024) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA DAMAI DI SD N KASIHAN SEBAGAI SEKOLAH RAMAH ANAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Aura Suci Adillah Nur Aisyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter cinta damai di SD N Kasihan sebagai sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan karena belum diketahuinya bagaimana penguatan pendidikan karakter cinta damai di SD N Kasihan sebagai sekolah ramah anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD N Kasihan sebagai sekolah ramah anak. Subjek penelitian ini, yaitu kepala sekolah, guru kelas IIB dan VB, ketua kelas IIB dan VB, guru muatan lokal, guru pendamping dan ketua peserta ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan, ketua komite sekolah, dan ketua paguyuban orang tua siswa SD N Kasihan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif (Miles, Huberman, & Saldana, 2014). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter cinta damai di SD N Kasihan sebagai sekolah ramah anak diselenggarakan dengan 3 basis pendekatan. Penguatan pendidikan karakter cinta damai berbasis kelas diselenggarakan dengan penyusunan modul ajar terintegrasi nilai karakter cinta damai, pelaksanaan pembelajaran yang cinta damai, aturan dan sanksi kelas nonkekerasan, variasi tempat duduk, lembar observasi karakter cinta damai, penyusunan modul ajar muatan lokal terintegrasi nilai karakter cinta damai, dan pelaksanaan pembelajaran muatan lokal yang cinta damai. Penguatan pendidikan karakter cinta damai berbasis budaya sekolah diselenggarakan dengan pemberian nasihat di apel pagi, penggunaan ibu jari untuk tunjuk tangan, bersalaman sepulang sekolah, penggunaan 4 kata ajaib, penggunaan bahasa kromo inggil, kegiatan tolong menolong, aturan dan sanksi sekolah yang cinta damai, adanya tradisi yang cinta damai, branding sekolah ramah anak, moto sekolah “Semai Karakter Junjung Budaya”, branding sekolah model pendidikan khas Kejogjaan, kegiatan literasi, kegiatan P5, dan Pendidikan Kepramukaan yang cinta damai. Penguatan pendidikan karakter cinta damai berbasis masyarakat diselenggarakan dengan akses Si Celly (aplikasi pencegah bullying) oleh orang tua, penyediaan buku bermuatan nilai karakter cinta damai oleh komite sekolah, pelibatan pendongeng dalam acara yang mengajarkan moderasi beragama, pelibatan brand MilkLife dalam acara yang mengajarkan kesetaraan gender, pembelajaran menghargai terhadap orang lain dari mahasiswa PPG, dan publikasi Si Celly melalui media massa. Penguatan pendidikan karakter cinta damai di SD N Kasihan dengan 3 basis pendekatan tersebut sejalan dengan pemenuhan indikator sekolah ramah anak. Kata Kunci : Karakter Cinta Damai, Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Ramah Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:24
Last Modified: 18 Dec 2024 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84733

Actions (login required)

View Item View Item