PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS MANGUNAN KAPANEWON DLINGO KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024

Windayani, Lilik (0002) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS MANGUNAN KAPANEWON DLINGO KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Lilik Windayani_17108244081_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan motivasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus Mangunan Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul yang belum maksimal. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasibelajar siswa kelas IVSD se-gugus Mangunan Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SD se- gugus Mangunan Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul yang berjumlah 81 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yang diujicobakan kepada 30 siswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan skala fasilitas belajar dan skala motivasi belajar. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji regresi linear sederhana dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,172 > 1,990. maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, (2) Hasil R Square sebesar 0,253 menunjukkan bahwa bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 25,3% sedangkan 74,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: fasilitas belajar, motivasi belajar, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:08
Last Modified: 18 Dec 2024 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84732

Actions (login required)

View Item View Item