PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE EARTH DI SDN SIRAMAN II

Widyaningrum, Tina Wimar (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE EARTH DI SDN SIRAMAN II. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TINA WIMAR WIDYANINGRUM_20108244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD N Siraman II dengan menggunakan media aplikasi Google Earth. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan hasil ulangan harian IPS yang masih tergolong rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas V SD N Siraman II yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Intrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes evaluasi dengan menggunakan teknis analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi Google Earth dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD N Siraman II. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari perolehan skor dalam observsi siswa setiap siklusnya Kemudian untuk peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dari setiap siklusnya. Adapun ketuntasan keaktifan belajar pada siklus I sebesar 60% dengan kriteria sedang kemudian meningkat di siklus II menjadi 84% dengan kriteria sangat baik. Artinya ada peningkatan sebsar 24%. Hasil prestasi belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada siklus I 75,24 menjadi 84,76 pada siklus II. Tindakan penelitian ini dihentikan dan dikatakn berhasil pada siklus II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci : Google Earth,Keaktifan, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:46
Last Modified: 17 Dec 2024 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84719

Actions (login required)

View Item View Item