PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA SISWA KELAS V SD NEGERI GADINGAN WATES

Pertiwi, Shabrina Tia (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA SISWA KELAS V SD NEGERI GADINGAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI SHABRINA TIA PERTIWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi yang layak digunakan pada pembelajaran materi perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda siswa kelas V SD Negeri Gadingan Wates. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dari ADDIE dengan menggunakan lima tahapan pengembangan. Tahap yang dilakukan peneliti yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilakukan di SD N Gadingan Wates, dengan subjek uji coba terbatas 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dan pemberian skala penilaian untuk validasi ahli materi dan ahli media, penilaian oleh guru kelas dan siswa. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media video animasi layak digunakan pada pembelajaran IPS di kelas V SD N Gadingan Wates. Hal ini terbukti dari hasil validasi oleh ahli materi dengan skor 91% masuk kategori sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli media dengan skor 90% masuk kategori layak. Kata kunci: media pembelajaran, video animasi, karakteristik siswa kelas v

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2024 08:01
Last Modified: 16 Dec 2024 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84714

Actions (login required)

View Item View Item