PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI PENGENALAN KONSEP BILANGAN BULAT NEGATIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 MLARAN

Triastuti, Indah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI PENGENALAN KONSEP BILANGAN BULAT NEGATIF PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 MLARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Indah Triastuti_17108244026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai dari permasalahan belum adanya media pembelajaran Matematika materi pengenalan bilangan bulat negatif berbasis powerpoint, sehingga kegiatan pembelajaran kurang mengesankan bagi peserta didik. Hal tersebut berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru salah satunya bilangan negatif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif materi pengenalan konsep bilangan bulat negatif yang layak untuk kelas VI SD Negeri 2 Mlaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan skala penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif materi pengenalan konsep bilangan bulat negatif layak digunakan untuk peserta didik kelas VI sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi produk oleh ahli materi tahap pertama memperoleh skor 2,73 kategori “Kurang Baik”, validasi produk oleh ahli materi tahap kedua memperoleh skor 4,46 kategori “Sangat Baik”, validasi produk oleh ahli media tahap pertama memperoleh skor 3,46 kategori “Baik”, validasi produk oleh ahli media tahap kedua memperoleh skor 4,46 kategori “Sangat Baik”, penilaian guru kelas sebagai pengguna praktisi memperoleh skor 4,76 kategori “Sangat Baik”, penilaian peserta didik sebagai pengguna pada uji coba lapangan awal memperoleh skor 5 kategori “Sangat Baik”, dan uji coba lapangan utama memperoleh skor 4,8 kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: media pembelajaran powerpoint interaktif, bilangan bulat negatif, R&D

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:59
Last Modified: 16 Dec 2024 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84713

Actions (login required)

View Item View Item