Anisa, Nur Sya’ban (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
NUR SYA'BAN ANISA_20108241030.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media buku bergambar membangun masyarakat yang beradab materi adat, norma, dan aturan pada mata pelajaran IPAS khususnya IPS untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pentingnya penelitian ini untuk menyajikan jalan cerita yang sesuai dengan kondisi sekitar siswa mengenai adat, norma, dan aturan melalui buku bergambar yang mampu membuat siswa berdampak dan menerapkan materi secara berkelanjutan, selain itu media juga dicetak fisik dan tentunya mampu diakses online sehingga dapat digunakan oleh semua sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall dengan tujuh Langkah pengembangan, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk. Pada tahap pengembangan format produk awal dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji coba awal dan uji coba lapangan utama. Subjek uji coba, yaitu enam siswa pada uji coba awal dan 30 siswa pada uji coba lapangan utama. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku bergambar membangun masyarakat yang beradab materi adat, norma, dan aturan layak dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui: 1) hasil validasi ahli materi memperoleh rerata skor 5,0 (sangat layak); 2) hasil validasi ahli media dengan dua tahap memperoleh rerata skor 3,5 (layak) tetapi perlu perbaikan dan setelahnya 4,8 (sangat layak); 3) hasil uji coba awal memperoleh rerata skor 4,41 (sangat praktis); 4) hasil uji coba lapangan utama memperoleh rerata skor 4,1 (praktis); 5) hasil respon guru pada uji coba awal dan uji coba lapangan utama memperoleh rerata skor 4,35 (sangat praktis) dan 4,6 (sangat praktis). Kata kunci: media, buku bergambar, IPAS, siswa sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |