PENGARUH GAME ONLINE SARA’S COOKING CLASS TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL DI SMK N 1 SEWON

Nanik, Kristiana (2012) PENGARUH GAME ONLINE SARA’S COOKING CLASS TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JASA BOGA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover=08511241019.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 =08511241019.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 =08511241019.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 =08511241019.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran =08511241019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental sebelum dan sesudah pembelajaran dengan game online Sara’s Cooking Class pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental sebelum dan sesudah pembelajaran dengan game online Sara’s Cooking Class pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Pengaruh game online Sara’s Cooking Class terhadap minat dan motivasi belajar siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain eksperimen klasik (Classical Experimental Design). Subyek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Sewon, yang berjumlah 62 orang. Data penelitian diambil dengan angket dan lembar observasi. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan Corrected Item-Total Correlation. Pengujian hipotesis dengan Statistik NonParametris yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental sebelum dan setelah pembelajaran dengan game online Sara’s Cooking Class pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu19,35% siswa mempunyai minat belajar yang tinggi dan 80,65% siswa mempunyai minat belajar yang sedang pada kelas kontrol sebelum adanya perlakuan. Setelah eksperimen 16,13% siswa mempunyai minat belajar yang tinggi dan 83,87% siswa mempunyai minat belajar yang sedang. Siswa kelas eksperimen sebelum ada perlakuan, terdapat 3,23% yang mempunyai minat tingggi; 90,32% dengan minat sedang; dan 6,45% siswa mempunyai minat rendah. Sebanyak 16,13% siswa mempunyai minat belajar yang tinggi dan 83,87% siswa mempunyai minat belajar yang sedang pada kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan dengan game online Sara’s Cooking Class. 2) Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental sebelum dan setelah pembelajaran dengan game online Sara’s Cooking Class pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 32,26% siswa dengan motivasi belajar yang tinggi dan 67,74% siswa dengan motivasi belajar yang sedang pada kelas kontrol, baik sebelum maupun setelah perlakuan. Motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum ada perlakuan, sebanyak 25,81% masuk dalam kategori tinggi, dan 74,19% masuk dalam kategori sedang. Setelah mendapat perlakuan dengan game online Sara’s Cooking Class, terdapat peningkatan. Sebanyak 61,29% siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi, dan 38,71% sisanya mempunyai motivasi belajar yang sedang. 3) Pengaruh game online Sara’s Cooking Class terhadap minat dan motivasi belajar siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental terbukti dari nilai signifikansi 0,000 untuk variabel minat belajar dan 0,001 untuk variabel motivasi belajar. Nilai signifikansi variabel kurang dari 0,05 (5%) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima: game online Sara’s Cooking Class berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar siswa kelas X Jasa Boga SMK N 1 Sewon pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental (ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah perlakuan). Kata kunci : Game Online Sara’s Cooking Class, Minat Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Online Sara’s Cooking Class, Minat Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8471

Actions (login required)

View Item View Item