Widiastuti, Rafika (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Rafika Widiastuti.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Keaktifan belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan pembelajaran. Namun, pada pelaksanaannya, keaktifan belajar siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Plembutan Asri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Plembutan Asri, Gunungkidul. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Plembutan Asri yang terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Plembutan Asri yang dapat diketahui melalui meningkatnya persentase skor keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 59,7% dan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II adalah sebesar 83%. Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Berdiferensiasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:23 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |