ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN RINGINSARI

Kirani, Della Nur (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN RINGINSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Della Nur Kirani_20108241061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Literasi matematis berfungsi untuk membantu memahami peran dan kegunaan matematika, serta memecahkan permasalahan matematis dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dan kesalahan dalam pengerjaan soal cerita siswa kelas V SDN Ringinsari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Ringinsari dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Responden yang diambil untuk wawancara berjumlah 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, & Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian diperiksa menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan rata-rata level kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan pelevelan oleh PISA, berada dalam kategori rendah. Berdasarkan tujuh kemampuan literasi matematis, diantaranya yaitu komunikasi, matematisasi, representasi, strategi untuk memecahkan masalah, penggunaan operasi & bahasa simbol, bahasa formal, dan bahasa teknis, dan kemampuan penalaran dan pemberian alasan, serta penggunaan alat matematika, kesalahan siswa dalam pengerjaan soal cerita bangun ruang kubus dan balok yaitu: (1) Siswa kurang paham dalam mengidentifikasi dan menginterpretasi informasi dari soal (2) Siswa kurang paham akan konsep dasar materi bangun ruang kubus dan balok. Kesalahan siswa ada pada penggunaan rumus dan satuan baku. (3) Siswa kurang teliti dalam menghitung. Ketidakcermatan siswa berakibat pada kurang sesuainya penerapan langkah atau strategi dalam pemecahan masalah (4) Siswa tidak melakukan pengecekan kembali terhadap hasil dan soal yang ada, sehingga jawaban siswa menjadi tidak lengkap dan tidak sesuai dengan pertanyaan, (5) Siswa tidak dapat menyimpulkan jawaban yang diberikan. Kata kunci: literasi matematis, analisis kesalahan penyelesaian soal, soal cerita matematika SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:58
Last Modified: 16 Dec 2024 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84688

Actions (login required)

View Item View Item