PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN

Mardiani, Tisca (2024) PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TAS_TISCA MARDIANI_20108241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses peningkatan Profil Pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dibuktikan dengan observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri Tlogoadi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik yang tuntas atau memenuhi kriteria keberhasilan dengan kriteria baik meningkat dari pra siklus 10,71%, siklus I 50%, dan siklus II 82,14%. Model pembelajaran membuat peserta didik lebih interaktif dalam pembelajaran. Saran bagi guru dan peneliti adalah dapat lebih mengembangkan waktu dalam menerapkab model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Berkebinekaan Global, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:49
Last Modified: 16 Dec 2024 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84685

Actions (login required)

View Item View Item