Putri, Aprilia Dwi Asiani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 KADIPIRO KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
TAS_Aprilia Dwi Asiani Putri_Final.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode learning start with a question (LSQ) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IVB SDN 1 Kadipiro dan 2) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui metode learning start with a question (LSQ) pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IVB SDN 1 Kadipiro. Jenis penelitian yang penulis gunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 31 siswa sedangkan, objek pada penelitian ini yaitu keterampilan membaca pemahaman. Metode pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dilihat dari peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. 1) Perolehan indikator observasi aktivitas siswa pada siklus I memiliki persentase keberhasilan 72,01% dan pada siklus II, didapatkan persentase keberhasilan 90,57%. Hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode learning start with a question (LSQ) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IVB SD Negeri 1 Kadipiro dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. 2) Hal tersebut terlihat dari peningkatan hasil tes kognitif siswa yaitu peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,6 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,45 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 76,2. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode LSQ, pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:44 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |