REKONDISI REM DAN PEMASANGAN BOSTER PADA MOBIL MITSUBISHI MINICAB TAHUN 1983

LUTHFIANA, HIMAWAN (2012) REKONDISI REM DAN PEMASANGAN BOSTER PADA MOBIL MITSUBISHI MINICAB TAHUN 1983. D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07509134014.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07509134014.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07509134014.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07509134014.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07509134014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Proyek Akhir ini yaitu agar mahasiswa mampu mengidentifikasi kerusakan yang terjadi , melaksanakan rekondisi komponen, memasang komponen boster, dan mampu menguji kinerja sistem rem dengan menggunakan boster pada mobil Mitsubishi minicab. Proses pelaksanaanya yaitu dengan melakukan perbaikan, penggantian komponen dan penyetelan pada sistem rem yang rusak agar dapat berfungsi kembali, meliputi: (a) master silinder dimodifikasi dengan penambahan pemasangan boster, dengan memodifikasi dudukan master rem yang sebelumnya agar master silinder dengan boster dapat terpasang, (b) melakukan penggantian pada silinder roda depan dan belakang yang sudah tidak berfungsi dengan komponen baru sesuai standar buku manual Mitsubishi minicab L100, (c) penggantian satu set kampas rem depan dan belakang, (d) mengganti minyak rem setelah semua komponen sistem rem terpasang, (e) melakukan penyetelan dan pengujian sistem rem. Hasil rekondisi lanjutan yaitu rusaknya master silinder, silinder roda, kampas rem yang telah aus, dan minyak rem yang tidak ada. Hasil perbaikan sistem rem yaitu dengan mengganti komponen yang rusak dengan komponen baru, melengkapi komponen yang tidak ada seperti kampas rem begian belakang, mengisi minyak rem saat melakukan bleeding, dan melakukan modifikasi dengan menambahkan boster pada master silinder. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan yaitu sistem rem mobil Mitsubishi minicab ini dapat berfungsi/bekerja kembali setelah dilakukan rekondisi. Dan setelah dilakukan pemasangan boster, dapat menurunkan tendangan balik dari pedal rem sehingga menambah rasa ringan saat pengereman dengan menyebabkan hanya setengah dari tekanan tendangan balik pada pedal rem (setengahnya lagi diserap oleh boster). Dengan diameter boster 12 cm, diameter katup udara dari pedal rem 3 cm, rasionya adalah 4:1, dan tendangan baliknya hanya 20% ke pedal, sedangkan 80% diserap oleh boster sehingga pengereman terasa lebih ringan dengan Sistem rem yang tidak menggunakan boster, dan daya pengereman maksimal yaitu 19,54 HP.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item