HUBUNGAN KARAKTERISTIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

TEGUH, BUDIONO (2012) HUBUNGAN KARAKTERISTIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08503241017.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08503241017.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08503241017.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08503241017.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08503241017.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap karakteristik guru pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap fasilitas belajar pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta; (3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kualitas pembelajaran pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta; (4) menganalisis hubungan antara karakteristik guru dengan kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta; (5) menganalisis hubungan antara fasilitas belajar dan kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta; dan (6) menganalisis hubungan antara karakteristik guru dan fasilitas belajar dengan kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 398 orang, sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 196 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samping. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tingkat persepsi siswa terhadap kualitas karakterisitk guru pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta adalah sebesar 80% dan termasuk dalam kriteria yang sangat baik; (2) tingkat persepsi siswa terhadap fasilitas belajar pada program keahlian teknik pemesinan Negeri 2 Yogyakarta adalah sebesar 66% dan termasuk dalam kriteria baik; (3) tingkat persepsi siswa terhadap kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta adalah sebesar 68 % dan termasuk dalam kriteria yang baik; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan yang kuat antara karakteristik guru dengan kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan korelasi sebesar 0,75; (5) terdapat hubungan positif dan signifikan yang kuat antara fasilitas belajar dengan kualitas pembelajaran siswa pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan korelasi sebesar 0,66; dan (6) hubungan positif dan signifikan yang sangat kuat antara karakteristik guru dan fasilitas belajar dengan kualitas pembelajaran pada program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan korelasi sebesar 0,78. Kata Kunci : karakteristik guru, fasilitas belajar, kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik guru, fasilitas belajar, kualitas pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item