Astuti, Widi and Istiyono, Edi (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Peserta Didik Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Matematika. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
tesis_widi astuti_21701251032.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian karakter berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), (2) mendeskripsikan kualitas instrumen yang dihasilkan, dan (3) mendeskripsikan gambaran karakter peserta didik berbasis Profil Pelajar Pancasila pada jenjang SMA. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (1) pengembangan awal instrumen, (2) uji coba instrumen, dan (3) interpretasi hasil uji coba. Tahap (1) meliputi kajian teori-teori yang menjadi sumber dan dasar pengembangan (konteks dan konten mengenai karakter), Profil Pelajar Pancasila, penentuan spesifikasi instrumen, penulisan butir instrumen, penentuan sistem penskoran, dan telaah instrumen berdasarkan validasi isi oleh expert dengan menggunakan formula Aiken’s. Pada tahap (2) dilakukan uji coba terbatas pada 51 peserta didik dan pada tahap (3) dilakukan uji coba skala luas yang melibatkan 317 peserta didik SMA di Kabupaten Kulon Progo. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Konstruksi instrumen yang dikembangkan berdasarkan 6 dimensi, meliputi 34 pernyataan yang terdiri dari: 8 butir pernyataan dimensi pertama (beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia); 9 butir pernyataan dimensi kedua (berkebinekaan global); 6 butir pernyataan dimensi ketiga (bergotong royong), 5 butir pernyataan dimensi keempat (kemandirian); 3 butir pernyataan dimensi kelima (bernalar kritis), dan 3 butir pernyataan dimensi keenam (kreativitas). (2) Instrumen yang dikembangkan valid berdasarkan Aiken’s V, karena semua butir bernilai ≥ 0,87. Instrumen tersebut memiliki model fit, yaitu nilai KMO MSA 0,821 > 0,05, nilai loading factor secara keseluruhan > 0,30, nilai chi-square 8824,492 > 0,052, nilai GFI 0,94 ≥ 0,9, nilai RMSEA 0,073 ≤ 0,083, nilai NFI 0,95 ≥ 0,9, dan nilai IFI 0,98 ≥ 0,9. Reliabilitas instrumen reliabel berdasarkan hasil nilai CR 0,70, dan nilai VE 0,65. (3) Potret karakter peserta didik berbasis profil pelajar Pancasila pada jenjang SMA di Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori membudaya (16,42%), berkembang (39,74%), mulai berkembang (28,39%), dan memerlukan bimbingan (15,45%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : instrumen, penilaian karakter, Profil Pelajar Pancasila, matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |