Ayuni, Rizki Tika and Jaedun, Amat (2024) Efek Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran pada Keberhasilan Belajar: Sebuah Studi Meta-Analysis. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_rizki tika ayuni_22701251012.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap efek Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran terhadap keberhasilan belajar dilihat dari nilai effect size, (2) mengevaluasi heterogenitas, (3) mengkaji perbedaan efek AI ditinjau dari variabel moderator, dan (4) menyelidiki bias publikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis meta, dengan desain group contrast dari penelitian eksperimen dan kuasi-eksperimen yang memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Database yang digunakan adalah Scopus, dengan penentuan publikasi menggunakan metode PRISMA. Data dari publikasi yang relevan dikumpulkan dan disortir berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang diimpor ke Zotero, dan dikodekan untuk analisis. Sebanyak 142 data memenuhi kriteria, dan keabsahannya diverifikasi dengan mencantumkan DOI dan terindeks di Scopus. Hasil analisis effect size agregat menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan penggunaan AI dalam pembelajaran pada keberhasilan belajar (gRE = 0.6765, 95%-CI [0.5480;0.8050] dengan p-value < 0.0001). Effect size agregat yang diperoleh berada pada kategori “moderat”. Perhitungan effect size agregat menggunakan Standardized Mean Difference dengan Random Effect Model (Q = 1196,39, p = 0,0001 < (0,05)). Hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efek yang signifikan ditinjau dari tahun publikasi (Q = 17,14 dan p-value = 0,0007 < α (0,05)), tingkat Scopus (Q = 8,65 dan p-value = 0,0343 < α (0,05)), benua (Q = 16,91 dan p-value = 0,0047 < α (0,05)), level pendidikan (Q = 13,46 dan p-value = 0,0037 < α (0,05)), area disiplin ilmu (Q = 84,07 dan p-value = <0,0001 < α (0,05)), waktu treatment (Q = 19,41 dan p- value = 0,0007 < α (0,05)) dan jenis AI (Q = 52,51 dan p-value = < 0,0001 < α (0,05)). Variabel moderator jenis publikasi, ukuran sampel, dan domainTaksonomi Bloom tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji bias publikasi menunjukkan meskipun bentuk funnel plot dari studi yang diamati secara visual tidak simetris, berdasarkan analisis Egger‟s Regression Test diperoleh hasil yang simetris intercept = 1,382, dengan p-value = 0,0554 > α (0,05), sehingga tidak terdapat bias publikasi dengan analisis Fail Safe N Model Rosenthal (nilai Fail Safe N = 40.482 lebih besar dari 5 (142) + 10 = 720).
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | analisis meta, artificial intelligence, keberhasilan belajar, pembelajaran |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 11 Dec 2024 05:47 |
| Last Modified: | 11 Dec 2024 05:47 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
