PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN

Ariani, Eka Amanda (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Eka Amanda Ariani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC). Karena berdasarkan hasil observasi keterampilan membaca pemahaman di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan masih sangat rendah Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 2 pertemuan. Lokasi penelitian yang digunakan yaitu SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 17. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaan Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan peserta didik didukung juga oleh peran guru dan keterlibatan peserta didik dalam bekerja sama dengan kelompok. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai tes keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada kegiatan pratindakan sebesar 63.33 meningkat pada silus 1 yaitu sebesar 75.77 dan meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 82.02 peserta didik. Kata kunci : Membaca pemahaman, model pembelajaran cooperative integrated reading and compotition

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Dec 2024 09:01
Last Modified: 04 Dec 2024 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84604

Actions (login required)

View Item View Item