PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MAESAN

Martuti, Herlin (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MAESAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi Full_Herlin Martuti_20108244070_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial oleh siswa kelas V di SD Muhammadiyah Maesan. Pemetaan pemanfaatan media sosial dilihat dari aspek bentuk media sosial, subjek (seseorang) yang berhubungan dengan siswa di media sosial, serta pemanfaatan media sosial oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Maesan, objek penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial oleh siswa dengan narasumber penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Bentuk media sosial yang digunakan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah 17 siswa dipaparkan dengan hasil persentase sebagai berikut. Wikipedia (76%), Facebook dan X (35%), YouTube dan Tiktok (100%), Instagram (29%), WhatsApp (100%), Free Fire (71%), Mobile Legends (35%), PUBG (24%), Sakura (59%). Beberapa siswa juga menggunakan dan mengakses aplikasi lain seperti Shopee, Lita, Avatar World, Honor of King, Pinterest, Ludo, dan Minecraft. (2) Siswa berinteraksi melalui media sosial dengan orang tua, kerabat, dan teman melalui platform WhatsApp dan Instagram. Selain itu, siswa juga berinteraksi dengan teman secara virtual (teman bermain game) melalui Free Fire, Mobile Legends, serta PUBG. (3) Pengaksesan wikipedia untuk mencari kartun favorit siswa, serta ajang pencarian bakat di televisi. Pengaksesan YouTube dan Tik Tok untuk melihat konten mengenai game Free Fire, trend bus basuri dan bus telolet, tutorial memasak, serta menonton Upin Ipin dari content creator yang mereka minati. Pengaksesan instagram untuk mengupload foto dan video yang mereka miliki serta WhatsApp untuk berkomunikasi dan bertukar informasi serta memiliki grup baru dengan orangtua, kerabat, serta teman secara virtual. Pengaksesan game Free Fire, Mobile Legends, Sakura , PUBG, Roblox, serta Minecraft untuk bermain. (4) Pemanfaatan media sosial yang kurang baik yang dirasakan oleh wali kelas siswa yakni, bullying verbal kepada sesama siswa, kecanduan bermain game Free Fire, serta siswa yang berpacaran dengan siswa lain. Kata kunci: Media Sosial, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:25
Last Modified: 04 Dec 2024 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84601

Actions (login required)

View Item View Item