Arifah, Andini Oktavia Nur (2024) PENINGKATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GULON 4 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
REVISI_SIDANG_andini.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter toleransi peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif. tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SD Negeri Gulon 4, Gulon, Salam, Magelang pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SDN Gulon 4 Magelang yang berjumlah 23 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumetasi, dan kuesioner. Instrumen berupa lembar observasi karakter toleransi peserta didik dan lembar aktivitas guru serta peserta didik dalam penerapan pembelajaran menggunakan model STAD. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan untuk meningkatkan karakter toleransi peserta didik adalah sebanyak 80% dari jumlah peserta didik mencapai kriteria ketuntasan dengan skor ≥80. Tindakan peningkatan karakter toleransi peserta didik dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model STAD untuk tindakan guru pada siklus I adalah 73% dan siklus II 96%. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model STAD untuk tindakan peserta didik pada siklus I adalah 67,5% dan siklus II 92,5%. Adapun ketuntasan peserta didik untuk karakter toleransi peserta didik pada siklus I adalah 48% dan 87%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter toleransi peserta didik kelas V SDN Gulon 4 Magelang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD). Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter toleransi peserta didik di kelas V SDN Gulon 4 Magelang. Kata kunci: Karakter Toleransi, Pembelajaran Kooperatif, STAD.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 08:47 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 08:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |