Ramadhanny, Chiesa Gymnastiar (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA BAKU SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 3 KEMUDO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Chiesa Gymnastiar Ramadhanny.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif materi kata baku yang layak, praktis, dan efektif. Multimedia interaktif digunakan pada siswa kelas 3 sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan menulis kata baku. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluating (Evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Angket yang digunakan untuk validasi oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, respon guru, dan respon siswa dengan menggunakan lima skala berpedoman pada Skala Likert. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa multimedia interaktif materi kata baku dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kelayakan multimedia interaktif materi kata baku diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori “layak”. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai dari hasil respon guru yang memperoleh skor rata rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil respon siswa dari uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis” dan dari uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Multimedia interaktif materi kata baku ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata baku. Hal ini dibuktikan dengan uji efektifitas menggunakan nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh presentase pada uji coba perorangan 58% dengan kategori “cukup efektif” dan pada uji coba kelompok kecil 56% dengan kategori “cukup efektif”. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Kemampuan Menulis, Kata Baku, Pengembangan Media
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:03 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |