PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

Isabela, Isabela (2024) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Isabela_ 20108241069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal/layanan BK masuk kelas yang dilaksanakan bagi peserta didik kelas III di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Latar belakang penelitian dikarenakan tidak semua konselor Sekolah Dasar melaksanakan layanan klasikal/masuk kelas. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Metode yang digunakan berupa kualitatif studi kasus yang berfokus pada satu fenomena tunggal dalam tinjauan komprehensif serta ragam disiplin ilmu dengan menggambarkan objek dan fenomena secara naratif. Tempat penelitian berlokasi di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu konselor kelas awal, guru kelas III, dan peserta didik kelas III. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik analisis berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal (1) tahap perencanaan dilaksanakan melalui tahapan mengajukan jadwal, mempersiapkan materi atas dasar kebutuhan peserta didik, memetakan materi berdasarkan bidang layanan, menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling, mendokumentasikan rencana pelaksanaan layanan, serta menyelaraskan materi dengan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. (2) Tahap pelaksanaan bimbingan klasikal sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sedangkan materi mengalami penyesuaian berdasarkan permasalahan peserta didik, mendokumentasikan layanan yang telah diberikan dalam jurnal pelaksanaan layanan klasikal, mencatat perilaku yang memerlukan perbaikan, serta berkolaborasi dengan guru kelas agar terlaksana pembelajaran yang bernuansa bimbingan. (3) Tahap evaluasi dilaksanakan dengan melakukan evaluasi proses dan evaluasi hasil secara lisan atau tertulis, serta mengevaluasi layanan klasikal keseluruhan sebagai dampak samping dari diadakannya layanan. Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Layanan Klasikal, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:55
Last Modified: 03 Dec 2024 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84585

Actions (login required)

View Item View Item