PENGARUH PENGGUNAAN PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN KOTA YOGYAKARTA

Choirunnisa, Salma Ariiba (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Salma Ariiba Choirunnisa_20108244001_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan bimbingan dalam pendidikan seks pada siswa kelas IVA SD Negeri Demangan , Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 27 Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa Pre–Experimental type One Group Design Pretest-Posttest Design yang menggunakan satu kelompok. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan papan bimbingan dan variabel terikat yaitu pendidikan seks untuk siswa sd. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes pengetahuan tentang pendidikan seks berupa kuis dan metode observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi selama treatment. Analisis data pada penelitian ini menggunakan mean dan uji-t, serta korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pre dengan post-test dengan nilai signifikasi sig (2-tailed) = 0.000 < 0.05 Dengan demikian Nol hipotesis (Ho) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dimana terdapat perbedaan yang mencolok diantara kedua test. Ditunjukkan dengan rata-rata nilai pre-test 52,2 dan pos-test 80. observasi perilaku siswa juga mengalami peningkatan yaitu treatment pertama 1,814 dan terakhir 3,111. Berdasarkan hasil rata-rata tes dan observasi dapat disimpulkan bahwa penggunaan papan bimbingan dapat meningkatkan pada aspek pengetahuan tentang seks. Tetapi papan bimbingan tidak berhubungan dalam perilaku siswa. Hal ini dibuktikan dengan r hitung < r table = 0.370 < 0.3809. sehingga tidak adanya korelasi antara hasil tes pengetahuan siswa tentang pendidikan seks dengan hasil observasi perilaku siswa selama treatment. Kata Kunci : Pendidikan seks, Papan Bimbingan, SD N Demangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:52
Last Modified: 03 Dec 2024 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84584

Actions (login required)

View Item View Item