PERAN MEMORI KERJA (WORKING MEMORY) TERHADAP HUBUNGAN KOMPUTASI MENTAL DAN PERFORMA LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

MAHADINI, NAJWA (2024) PERAN MEMORI KERJA (WORKING MEMORY) TERHADAP HUBUNGAN KOMPUTASI MENTAL DAN PERFORMA LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_NAJWA MAHADINI_PGSD_20108244115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran memori kerja terhadap hubungan komputasi mental dan performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi di Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei cross-sectional karena pengaruh antarvariabel penelitian terjadi pada titik waktu tertentu. Populasi penelitian adalah siswa kelas tinggi di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Teknik ini dilakukan berdasarkan ketersediaan dan kemudahannya dengan mengikutsertakan semua siswa kelas IV dan V yang hadir ke sekolah sebagai responden. Pengambilan data dilakukan melalui pengerjaan soal tes yang terdiri atas tiga subtes yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dan layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Pengujian validitas dilakukan melalui uji validitas muka (face validity) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, dan analisis mediasi dan moderasi menggunakan macro-PROCESS SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komputasi mental berpengaruh terhadap performa literasi numerasi secara langsung. Sementara itu, memori kerja tidak dapat memediasi, tetapi mampu memoderasi hubungan komputasi mental dan performa literasi numerasi dengan nilai Int_1 sebesar 0.03 atau < 0.05. Dengan kata lain, semakin tinggi memori kerja, semakin kuat pula pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi. Sebaliknya, semakin rendah memori kerja, semakin lemah pula pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam meningkatkan performa literasi numerasi dengan pembelajaran berbasis komputasi mental dan memori kerja pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Kata kunci: Komputasi Mental, Memori Kerja, Performa Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:48
Last Modified: 03 Dec 2024 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84583

Actions (login required)

View Item View Item