ANALISIS BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA KELAS LIMA SEKOLAH DASAR NEGERI WATUPECAH DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN NUMERASI

Sulistyaningrum, Ervinianti Shafa (2024) ANALISIS BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA KELAS LIMA SEKOLAH DASAR NEGERI WATUPECAH DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN NUMERASI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Ervinianti Shafa-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui profil numerasi siswa sekolah dasar; (2) Mengetahui proses berpikir komputasional yang dominan dalam menyelesaikan permasalahan numerasi oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian bertempat di SDN Watupecah dengan siswa kelas lima sebagai sumber data penelitian. Pengumpulan data hasil penelitian dilakukan melalui wawancara, hasil tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan numerasi siswa kurang; (2) Proses berpikir komputasional yang dominan dalam penyelesaian masalah numerasi berupa abstraksi. Kata kunci: berpikir komputasi, numerasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:44
Last Modified: 03 Dec 2024 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84582

Actions (login required)

View Item View Item