PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Choiriyah, Umatul (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI UMATUL CHOIRIYAH 20108241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar kognitif matematika peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa butir soal (tes) yaitu pretest dan posttest. Populasi yang digunakan peneliti adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Suryodiningratan 3. Analisis data penguji hipotesis ini menggunakan uji perbedaan rata-rata Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon pada taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Kata Kunci : Pengaruh, TGT, Hasil Belajar Kognitif, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:42
Last Modified: 03 Dec 2024 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84581

Actions (login required)

View Item View Item