Choiriyah, Umatul (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI UMATUL CHOIRIYAH 20108241011.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar kognitif matematika peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa butir soal (tes) yaitu pretest dan posttest. Populasi yang digunakan peneliti adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Suryodiningratan 3. Analisis data penguji hipotesis ini menggunakan uji perbedaan rata-rata Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon pada taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Kata Kunci : Pengaruh, TGT, Hasil Belajar Kognitif, Mata Pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |