UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA

Oktaviana, Nabila Nurmalita (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nabila Nurmalita oktaviana_1910844091_REVISII FINAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model cooperative script pada kelas V SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc.Tanggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa minimal 80% dari jumlah siswa yang telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan presentase 71,95% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 84,06% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan tes pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas 75 dengan presentase ketuntasan 55,56%. Siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 85 dengan presentase ketuntasan 85,19% siswa. Keberhasilan tersebut dikarenakan model cooperative script diawali guru membagi kelompok, membagi materi bacaan kepada siswa untuk dibaca dan diringkas, kemudian bekerja sama dengan teman kelompoknya untuk saling melengkapi, kemudian hasil diskusi diprenstasikan dan guru akan menguraikan jawab siswa untuk dibahas bersama. Diakhir pembelajaran siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model cooperative script, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:09
Last Modified: 03 Dec 2024 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84577

Actions (login required)

View Item View Item