PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SE-GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Pramesti, Angger Winsi (2024) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SE-GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
skripsi angger winsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2023/2024. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan faktor dari luar. Faktor internal meliputi kondisi fisik, psikologis, dan kelelahan, sementara faktor eksternal mencakup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Salah satu faktor pada lingkungan keluarga adalah perhatian orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 144 siswa yang diambil dari delapan SD Negeri se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dengan skala Linkert untuk mengukur variabel perhatian orang tua dan dokumentasi nilai raport PPKn semester I untuk mengukur variabel prestasi belajar. Instrumen sudah diuji menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat berupa normalitas dan linearitas serta uji regresi sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, perhatian orang tua siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ahmad Yani termasuk pada kategori tinggi dan memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Besarnya perhatian orang tua yang diberikan terhadap prestasi belajar sebesar 16,4% dan 83,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,182 apabila perhatian orang tua naik 1%. Semakin tinggi perhatian oaring tua, semakin tinggi pula prestasinya. Kata kunci: perhatian orang tua, prestasi belajar, ex-post facto

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:57
Last Modified: 02 Dec 2024 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84576

Actions (login required)

View Item View Item