PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI “PLOTAGON” MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMPANGKATIS

Virginia, Tiara Augusta (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI “PLOTAGON” MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMPANGKATIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NASKAH FULLTEXT_Tiara Augusta Virginia_19108241085 REV 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi Sumber Daya Alam dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Video ini berpotensi dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka memahami materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan kuesioner yang dijawab oleh seluruh siswa kelas IV. Pemberian respon setiap pernyataan dalam kuesioner tersebut mengacu pada skala Likert. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa video animasi yang dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan aplikasi “Plotagon” dengan beberapa platform dan aplikasi lainnya untuk mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar materi Sumber Daya Alam. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh Dosen Teknologi Pendidikan, Dosen PGSD, dan guru kelas IV menyatakan bahwa produk media yang dikembangkan layak diuji coba pada siswa dengan beberapa saran revisi media. Hasil uji coba video animasi di lapangan memperoleh persentase kelayakan yang baik dalam berbagai aspek, dengan persentase 81,41% untuk aspek materi, 76,72% untuk aspek bahasa, dan 92,03% untuk aspek format. Dengan demikian, media pembelajaran video animasi yang dibuat dan dikembangkan menggunakan aplikasi “Plotagon” untuk mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar materi Sumber Daya Alam layak digunakan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran IPAS. Kata kunci: video, animasi, sumber daya alam, IPAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:54
Last Modified: 02 Dec 2024 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84574

Actions (login required)

View Item View Item