HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS V SD NEGERI WOTAN 02 PATI

Cahya, Arinta Nilam (2024) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS V SD NEGERI WOTAN 02 PATI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Arinta Nilam Cahya_21108244067_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemandirian belajar matematika merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap siswa agar siswa memiliki kemampuan berpikir komputasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar matematika terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa kelas V SD Negeri Wotan 02 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian dilakukan di kelas VA dan VB SD Negeri Wotan 02 Pati dengan melibatkan 41 siswa sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kemandirian belajar matematika yang mangadopsi pada penelitian Pamungkas Tubagus (2022) dan soal tes kemampuan berpikir komputasi mengadaptasi pada bebras challenge. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kemandirian belajar matematika dan kemampuan berpikir komputasi siswa memiliki nilai signifikansi 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,784. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel kemandirian belajar matematika dan kemampuan berpikir komputasi memiliki hubungan yang signifikan dan positif, dengan tingkat kategori hubungan yang kuat. Oleh karena itu, siswa disarankan untuk meningkatkan kemandirian dalam belajar matematika agar kemampuan berpikir komputasinya juga meningkat. Kata Kunci: kemandirian belajar matematika, kemampuan berpikir komputasi, siswa, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:43
Last Modified: 02 Dec 2024 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84571

Actions (login required)

View Item View Item