Konstruksi Model Kompetensi Calon Guru Ekonomi Era Revolusi Industri 4.0.

Dalimunthe, Muhammad Bukhori and Suranto, Suranto (2024) Konstruksi Model Kompetensi Calon Guru Ekonomi Era Revolusi Industri 4.0. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_muhammad bukhori dalimunthe_20701251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengivestigasi kompetensi yang dibutuhkan calon guru ekonomi di era Revolusi Industri 4.0 dan (2) menguji model kompetensi calon guru ekonomi di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain exploratory sequential, yang proses penelitiannya dimulai dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif, dilanjutkan dengan pengumpulan dan analisis data kuantitatif. Teknik analisis kualitatif menggunakan fast review dari artikel yang diterbitkan di jurnal terindeks Scopus periode 2001 sampai 2020. Desain tinjauan literatur melalui empat tahapan, yaitu mendesain review, melakukan review, analisis, dan sintesis. Teknik analisis kuantitatif menggunakan structural equation model melalui pengujian model pengukuran dan struktural via aplikasi SmartPLS v3. Penelitian ini melibatkan 230 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Penelitian kualitatif menemukan 16 artikel yang terkoleksi memenuhi protokol dan seleksi yang diterapkan pada penelitian ini. Artikel-artikel tersebut mengungkapkan tujuh kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa calon guru ekonomi, yaitu kompetensi literasi digital, numerasi, professional, penilaian, umpan balik, pemanfaatan teknologi informasi, dan relasional. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa model kompetensi calon guru ekonomi era Revolusi Industri 4.0 sudah memenuhi pengujian model pengukuran dan model struktural yang ketat dan akurat. Implikasi riset ini menyajikan kompetensi- kompetensi yang dibutuhkan calon guru ekonomi pada era Revolusi Industri 4.0 yang dapat menjadi wawasan baru bagi mahasiswa keguruan untuk mempersiapkan kompetensi-kompetensi tersebut pada saat menyelesaikan perkuliahan di kampus. Rekomendasi kepada para pimpinan kampus adalah agar mengarahkan sumber daya untuk membentuk kompetensi-kompetensi tersebut bagi calon guru ekonomi, termasuk peningkatan kualitas pembelajaran, pembaharuan kurikulum, ujian keterampilan bagi mahasiswa keguruan, dan kebijakan pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi mahasiswa keguruan, mixed method, Revolusi Industri 4.0
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:05
Last Modified: 03 Dec 2024 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84561

Actions (login required)

View Item View Item