PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS V-B SD N TAMANSARI 1

Mas`ud, Azza Ilvana (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS V-B SD N TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI AZZA ILVANA MAS`UD_TERBARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas V-B SD N Tamansari 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan observasi. Keberhasilan penelitian ditandai dengan rata-rata nilai tes hasil belajar IPAS peserta didik mengalami kenaikan dan memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75 yakni mencapai ≥75%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Dalam siklus I persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 60% atau setara dengan 15 peserta didik dengan nilai rata-rata 76. Selanjutnya pada siklus II persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 88% atau setara dengan 22 peserta didik dengan nilai rata-rata 88,4. Temuan ini mengindikasikan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tercermin dari hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Kata Kunci : pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:59
Last Modified: 02 Dec 2024 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84556

Actions (login required)

View Item View Item