Nurhidayah, Wilujeng Ike (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 SOKOMOYO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Wilujeng Ike Nurhidayah_Tugas Akhir Skripsi_21108241140.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media buku cerita anak pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo. Dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data melalui observasi, tes unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini ditunjukan apabila siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 mencapai 75% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui media buku cerita anak pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai 60 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Peningkatan keterampilan membaca juga ditunjukan melalui tes unjuk kerja membaca yang mengalami peningkatan pada tiap indikatornya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 61,88 dan meningkat menjadi 80,08 pada siklus II. Adapun persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 48% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita anak dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo. Kata Kunci: keterampilan membaca permulaan, buku cerita anak, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:55 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |