PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGAN I KARANGMOJO

Oktaviana, Fani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGAN I KARANGMOJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fani Oktaviana_PGSD_Skripsi FInal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo melalui media kartu karakter. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada September 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo yang terdiri dari 5 siswa laki- laki dan 4 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart dan berlangsung selama dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya meningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi keterampilan menulis teks deskripsi siswa 61,1% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 72,2% pada siklus II. Hasil tes unjuk kerja juga menunjukkan peningkatan, yaitu rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 71,5 dan rata-rata nilai siswa pada siklus II sebesar 79,5. Sementara itu, persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 66% pada siklus I, meningkat menjadi 89% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo dapat ditingkatkan melalui media kartu karakter. Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, media kartu karakter, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:49
Last Modified: 02 Dec 2024 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84553

Actions (login required)

View Item View Item