PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SE-GUGUS PACAREJO KECAMATAN SEMANU

Setyaningsih, Meyka Dina (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SE-GUGUS PACAREJO KECAMATAN SEMANU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Meyka Dina S_20108244029_Skripsi Fulltext .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus Pacarejo Kecamatan Semanu. Cakupan penerapan kurikulum merdeka yang menjadi standar kriteria pencapaian yaitu penerapan P5, fokus pada materi esensial, dan adanya fleksibilitas yang luas untuk guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan causal research. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Se-Gugus Pacarejo Kecamatan Semanu yang dipilih dengan teknik proportional random sampling sehingga didapat sampel 5 SD yang berjumlah 98 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala ordinal dan dokumentasi. Validitas skala ordinal menggunakan validitas isi dan dilanjutkan dengan analisis soal yang dihitung dengan menggunakan korelation product moment dari Pearson. Kemudian dilanjutkan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Dokumentasi didapatkan dari nilai ASAT (asesmen akhir tahun) siswa kelas IV tahun pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan lineraritas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar matematika. Hal berikut dapat dilihat dari grafik regresi yang menunjukkan titik titik dalam grafik tersebar mendekati garis regresi dan searah miring garis tersebut. Nilai koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,086 yang berarti bahwa faktor penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran memberikan pengaruh sebesar 8,6% terhadap hasil belajar matematika dan 91,4% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis regresi diperoleh nilai constant sebesar 50,602% dan koefisien regresi pada variabel penerapan kurikulum merdeka sebesar 0,294. Sehingga diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 50,602 + 0,294X. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Penerapan Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:35
Last Modified: 02 Dec 2024 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84550

Actions (login required)

View Item View Item