SUGENG, RIYADI (2012) IMPLEMENTASI TEKNIK TSTS (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover-10504247002.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 -10504247002.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -10504247002.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -10504247002.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -10504247002.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII TKR 2 SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan motor otomotif melalui teknik TSTS (two stay two stray). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TKR 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan satu kali tes akhir siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi pelaksanaan teknik two stay two stray dan tes. Langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes awal pada pembelajaran teori untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dan untuk pembentukan kelompok heterogenitas akademik selanjutnya pemberian materi dengan menggunakan teknik two stay two stray dengan siklus pembelajaran berkelanjutan setelah itu dilaksanakan postes di setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya rata-rata nilai hasil belajar peserta didik setiap siklus sebagai berikut: Pada pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,97, kemudian dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,73, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 7,41 sedangkan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 8,25, dengan demikian rata-rata tes pada pra tindakan ke siklus I meningkat 0,76 poin, rata-rata tes pada siklus II meningkat 0,68 poin, sedangkan rata-rata tes siklus III meningkat 0,84 poin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teknik two stay two stray dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Teknik Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 07:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |